Oleh Wijaya Kusuma S.
Mungkin beberapa diantara kita masih jarang mendegar atau bahkan belum pernah mendengar mengenail istilah Company Secretary (CS). CS atau sekretaris perusahaan adalah salah satu elemen dalam perusahaan yang menyesuaikan berbagai fungsi manajemen dengan kebijakan perusahaan, memastikan kepatuhan dari semua hukum yang berlaku dan upaya untuk mengembangkan rasa saling percaya antara berbagai pemangku kepentingan (stakeholders)demi kepentingan perusahaan. "company secretary is the officer of the company who align various management functions with company policies, ensures compliance off all applicable laws and endeavours to develop mutual trust between various stakeholders fos sustainable growth of the company."
Kata secretary berasal dari bahasa latin, yaitu secretarius yang berarti seseorang yang dipercayakan atas sebuah rahasia. Itu sebabnya sebelum merilis sebuah informasi, CS wajib untuk merahasiakannya dari publik atau media. Public Relations atau humas merupakan bagian dari CS. PR berada di bawahnya, yang umumnya CS & PR selalu ada dalam sebauh perusahaan. Merekalah yang bertugas untuk mengangkat dan membangun image perusahaan.
lebih jelasnya CS menjalankan beberapa tugas, seperti melakukan mandiri report tiap bulannya, memberikan masukan bagi , memberikan saran berkaitan dengan management dan etika bisnis, serta mengorganisir komplein yang diterima. CS memainkan peran yang luas dan memiliki pengetahuan yang luas akan keberlangsungan perusahaannya. Nilai-nilai yang dimiliki CS :
- I : Integrity. Memiliki integritas dalam menjaga informasi agar tidak menyebar luas sebelum adanya press release.
- C: Collective Wisdom. Memiliki kesabaran untuk mengkoordinir banyak pihak (department).
- S: Service. Melayani department lain
- I: Innovasi. Selalu melakukan inovasi/ penemuan-penemuan baru.
CS mengedepankan kreatifitas dalam berinovasi yang diyakini sebagai faktor kesuksesan dalam sebuah inovasi, yakni mempunyai nilai kreatif. Kemudian bekerja dengan rasa percaya diri atas kemampuannya ( Belief in self) dan komunikasi sebagai jembatan menuju kesepakatan dengan stakeholders. CS diperlukan agar perusahaan mempunyai nilai sehingga terus berkembang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar